Trik Membuat Mini Bioskop di Rumah Sendiri

Memiliki home theater di rumah pastinya menjadi hal yang diinginkan oleh mereka yang suka menonton film. Suasana akrab dan juga seru bisa didapat di dalam ruangan yang khusus untuk menonton ini. Selain itu juga memberikan pengalaman baru saat menonton film. Untuk kamu yang bingung bagaimana cara mendesain atau memilih perlengkapan di dalam ruang home theatermu, beriku cara merencanakan ruang dalam rumah untuk home theater.

Home theater sudah menjadi salah satu ruang kegemaran untuk mereka yang suka menonton film bersama teman dan keluarga. Dengan ruangan ini, rumah bisa digunakan untuk hiburan dan berkumpul bersama. Melakukan kegiatan dan waktu bersama akan terasa lebih berharga dan berkualitas. Maka dari itu ruangan home theater dalam rumah juga perlu didesain dengan nyaman dan juga unik. Berikut beberapa contoh desain home theater dengan nuansa unik dan menyegarkan.

1. Buatlah Rencana Desain Home Theater

Dalam mendesain sebuah home theater tentunya terdapat beberapa pertimbangan seperti lokasi dan ukuran ruangan dalam rumah. Apakah kamu akan menggunakan ruang yang ada untuk dijadikan home theater atau membangun ruang tambahan di rumah. Tentukan layout ruangan dan keperluan di dalamnya.

Home theater sudah menjadi salah satu ruang kegemaran untuk mereka yang suka menonton film bersama teman dan keluarga. Dengan ruangan ini, rumah bisa digunakan untuk hiburan dan berkumpul bersama. Melakukan kegiatan dan waktu bersama akan terasa lebih berharga dan berkualitas. Maka dari itu ruangan home theater dalam rumah juga perlu didesain dengan nyaman dan juga unik. Berikut beberapa contoh desain home theater dengan nuansa unik dan menyegarkan.

Beberapa karakteristik dari Home theater yang ideal adalah

  • memiliki ukuran ruang yang besar

Jika kamu punya ruangan yang memanjang kamu bisa coba terapkan desain di atas. Dengan dua baris untuk penonton dan pada bagian depan sofa yang memanjang sehingga bisa digunakan untuk tiduran. Perpaduan warna merah dan hitam juga sangat mempesona. Memberikan sosok misteri dan juga energik sekaligus.

  • tidak memiliki bukaan yang banyak di dalamnya
  • pencahayaan yang cukup dari dalam ruangan bukan dari luar ruangan
  • lokasinya tertutup dari ruangan bising ataupun tetangga
  • langit-langit yang tinggi jika menggunakan proyektor untuk diletakkan di plafon
  • kedap suara

Penting untuk dapat merencanakan home theater yang sesuai budget dan juga ideal untuk rumah sehingga perlu banyak pertimbangan di dalam perencanaannya. Tentunya akan berbeda rencananya ketika memilih ruangan yang sudah ada atau membangun ruangan baru di dalam rumah.

2. Pilihlah Konsep Home Theater

Setelah mengetahui lokasi dan juga ukuran, sang pemilik rumah harus memikirkan konsep seperti apa yang dia sukai untuk home theater di rumahnya. Berbagai konsep dan tema dapat diterapkan tentunya setelah mencari inspirasi mengenai ruangan ini. Tidak lupa juga sesuaikan dengan keseluruhan ruang di rumah lainnya. Berbagai konsep mulai diterapkan dari konsep moderen hingga vintage ataupun elegan.

3. Memilih Perlengkapan Audio dan Visual

Setelah merencanakan desain dan tata letaknya, tentunya penting untuk memilih perlengkapan audio dan visual untuk home theater. Tentunya teknologi yang semakin canggih akan membuat makin banyaknya pilihan untuk ruanganmu. Perlengkapan seperti layar baik proyektor atau layar datar hingga ke speaker, remote, dan kabelnya perlu diperhatikan.

Memilih antara proyektor ataupun layar datar akan memberikan pengalaman menonton yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan kedua layar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak orang lebih memilih layar proyektor untuk home theater mereka karena ukuran layar yang besar. Layar proyektor dapat memenuhi keseluruhan dinding ruangan sehingga memberikan kesan pengalaman dalam bioskop.

Untuk tv layar datar pun sekarang sudah keluar dengan berbagai ukuran dengan ketajaman dan juga gambar yang bagus. Selain itu mudah dipasang dan juga dapat digunakan untuk ruangan yang memiliki plafon ruangan yang rendah.

4. Berikan suasana Home Theater

Desain ruanganmu dengan dinding kedap suara, pencahayaan yang pas, dan tentunya furniture yang nyaman. Dengan menggunakan pelapis pada dinding yang membuat ruangan kedap suara, akan membuat suara di dalam ruangan terasa lebih pas seperti di dalam bioskop.

Adapun pencahayaan pada ruangan perlu diperhatikan untuk meminimalkan gangguan. Pencahayaan di dalam home theater lebih kepada suasana gelap dengan beberapa refleksi lampu dari dinding akan membuat mata orang yang melihat didalamnya tidak terganggu ataupun merasa silau. Maka dari itu pilihlah lampu gantung yang diletakkan tidak langsung menyinari orang, layar ataupun kursi melainkan ke dinding dan langit-langit. Ciptakan suasana bioskop dengan pemilihan dan perletakkan lampu.

Nuansa ruangan yang begitu hangat dan tenang ini benar-benar cocok untuk menonton bersama teman atau keluarga. Tentunya nuansa ini membuatmu akan lebih akrab dengan anggota keluarga lainnya ataupun teman-temanmu. Keadaan lampu ruangan yang tidak terlalu terang membuat nyaman orang di dalamnya ketika menonton. Lukisan yang tergantung di dinding dengan warna kontras pun juga menjadi titik fokus di ruangan ini.

Ruangan luas dengan jarak tertentu antara bangku dengan televisinya memberikan posisi yang nyaman dan jarak menonton yang tidak terlalu dekat maupun terlalu jauh. Ditambah pula adanya jendela pada bangunan yang menghadap ke arah pantai yang indah. Bantalan kursi dan lukisan yang terdapat dalam ruangan membuatnya jadi lebih berwarna dan beragam.

Ruangan seadanya pun dapat menjadi nyaman bila didesain dengan perabotan yang sesuai. Contohnya seperti pada desain di atas. Perabotan unik yang terdapat di ruanagn ini adalah mejanya yang berbentuk kotakan kayu. Seakan memberi kesan seperti peti kayu harta karun.

5. Selesaikan Pembuatan Home Theater

Setelah merencanakan, memilih dan mulai melakukan proyekmu ini, ada baiknya kamu bekerja dengan para profesional di bidang ahlinya. Selain lebih terjamin, para professional akan mudah memberikan saran mengenai desain, material dan menyelesaikan model ulang dari ruangan di dalam rumahmu.

Tidak perlu ruang yang cukup besar ataupun kursi studio yang mewah. Sofa panjang ini mampu memberikan kenyamanan pada kamu yang suka menonton. Dengan layar yang lebar, semua pengunjung dapat menonton tanpa terhalangi oleh penonton lainnya di depan. Simple dan juga nyaman.

Tampak menawan dan juga fun, ruangan dengan dominasi warna kuning ini sangat cantik. Tidak hanya tertempel begitu saja pada furniture dan dinding, tapi juga lampu pada plafon. Permainan warna dan pencahayaan yang atraktif.Ruangan yang tampak bersih dan luas ini menggunakan perpaduan warna yang beige dan hitam. Warna beige memberikan kesan luas pada ruangan dan sentuhan warna hitam lebih menghidupkan suasana di ruang home theater ini.

Selain itu para professional juga akan lebih mengetahui pemasangan berbagai pelengkap home theater secara teknis. Akan baik ketika hal-hal berbahaya seperti listrik atau pemasangan elekrotnik ditangani oleh ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *