Kafe Sekaligus Toko Merupakan Kombinasi yang Unik

Saat ini Instagram sudah menjadi salah satu jejaring sosial paling populer di dunia. Penggunanya sangat banyak dan saling berlomba untuk memasang foto dengan tema dan background yang sangat instagrammable.

Selama beberapa tahun terakhir, bisnis kafe semakin gencar berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Demi menarik minat pembeli, berbagai desain kafe unik bermunculan dengan mengusung konsep berbeda-beda. Beberapa di antaranya bahkan tidak takut menyatukan dua konsep sekaligus.

Pernah melihat toko buku sekaligus coffeeshop? Atau sebuah tempat gym yang dilengkapi kafe makanan sehat? Cyclo Coffee & Apparel mencoba tampil lebih nyentrik sebagai toko baju sekaligus tempat ngopi yang unik dan kece.

Tidak mau menyiakan kesempatan, tren ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pengusaha. Yaitu dengan membuka kafe yang terlihat instagrammable. Selain dari rasa makanannya yang cukup layak untuk dicicipi, suasana dan desain kafe juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi background foto kekinian.

Biasanya kafe-kafe tersebut menjadi incaran para selebgram dan kawula muda yang selalu penasaran dengan hal baru. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk nongkrong bersama teman dan mengambil foto dengan hasil terbaik. Siapapun yang datang ke kafe cantik intagrammable bakal menikmati suasana yang nyaman sambil menikmati menu makanan.

Desain kafe yang instagrammable umumnya mengunakan konsep desain interior skandinavia, industrial, rustic, atau klasik. Namun, ada juga yang memadukan beberapa desain menjadi satu sehingga terlihat tidak monoton. Berikut ini beberapa inspirasi desain kafe cantik instagrammable yang bisa masuk dalam list tempat nongkrong kamu berikutnya.

Didesain oleh Arcon-Interior & Furniture Contractor, kafe sekaligus toko baju yang beralamat di Jalan Tulodong Bawah No. 1A, SCBD, Selong, Kebayoran Baru ini adalah tempat nongkrong sekaligus belanja baju yang seru.

Karena sejak awal sudah direncanakan memiliki dua fungsi, menentukan gaya interior adalah proses yang penting. Cyclo Coffee & Apparel memilih konsep industrial yang cenderung netral untuk tujuan apapun. Untuk coffeeshop, desain industrial mungkin sudah banyak kita temukan. Dengan mengekspos bagian langit-langit,  Arcon-Interior & Furniture Contractor mengakali eksekusi desainnya agar tak terkesan terlalu kusam. Untuk tujuan tersebut, sentuhan warna biru dan kuning menjadi aksen di bagian tiang, jendela, bahkan dinding. Meja bar dan kursi memadukan warna putih serta elemen kayu yang membuatnya tampil minimalis namun manis.

Jika Anda perhatikan dengan saksama, bagian kafe dan ruangan display pakaian sengaja diberi warna yang berbeda. Bagian tempat duduk dan ngopi santai mengandalkan warna asli beton yang lekat dengan kesan industrial. Sementara di bagian apparel, dinding sengaja diberi warna putih cerah. Tujuannya tentu saja untuk menonjolkan masing-masing fungsi ruang di antara semua bagian ruangan.

Selain dengan warna dinding, bagian apparel tampak lebih terang karena pencahayaannya yang diatur sedemikian rupa. Dengan begitu, Anda bisa berkeliling dan melihat-lihat koleksi pakaian di Cyclo Coffee & Apparel sembari menunggu kopi Anda selesai diracik.

Kontras dengan bagian display pakaian, bagian lain di dalam Cyclo Coffee & Apparel tampak temaram oleh lampu kekuningan yang sendu. Penyinaran ini memberikan dukungan suasana hangat dan cozy bagi Anda yang ingin santai mengobrol di dalamnya.

Meskipun dari segi interior Cyclo Coffee & Apparel sudah cukup menonjol, desainer tidak ingin kehilangan kesempatan memberikan sentuhan tambahan. Desainer memasang rak yang memajang tumblr mengelilingi tiang di area duduk sebagai aksesoris ruangan.

Untuk menghidupkan suasana, selain dengan pencahayaan, desainer memilih cara yang sederhana namun efektif yakni menggunakan tanaman hijau. Beberapa pot besar bisa Anda temukan di beberapa sudut. Sementara untuk tanaman hijau berukuran kecil sengaja digantung di atas counter. Keberadaan pajangan foto pesepeda di sudut ruangan juga memberikan nuansa khusus yang membuat suasana semakin segar dan hidup.

Memadukan kafe dengan toko buku atau toko baju bukanlah hal yang aneh lagi saat ini. Di zaman yang serba cepat maupun lalu-lintas jalanan yang padat, kafe multifungsi menjadi pilihan yang pas ketika Anda ingin bersantai ngopi sembari rehat sejenak dari kepadatan.

Berikut ini ada beberapa desain kafe yang dapat di jadikan sebagai panduan bagi Anda yang ingin mengelola tidak hanya café melainkan di padukan dengan toko atau usaha lain.

1. Desain Kafe Pet Grooming Studio & Cafe

Pet Grooming Studio & Café tidak hanya menyajikan suasana nongkrong yang industrial saja, tetapi juga dikhususkan untuk kamu yang mencintai anjing. kamu bisa membawa anjing peliharaanmu untuk diajak nongkrong sekaligus melakukan perawatan anjing.

2. Desain Kafe Colette Lola Puri Indah

Cewek-cewek biasanya lebih suka nongkrong di kafe dengan desain yang feminin sambil menikmati fasilitas dan furniturnya yang terkesan sangat girly. Nah, salah satu kafe yang menyediakan desain instagrammable seperti itu adalah Colette Lola Puri Indah di Jakarta.

3. Desain Kafe Panda House

Jika ingin merasakan suasana industrial sekaligus skandinavia, kamu bisa datang ke Panda House. Di sana kamu bisa berfoto dengan latar belakang langit-langit yang keren dan kursi meja unik.

4. Desain Kafe Basilia

Suasana jadul yang kontemporer, lengkap dengan kursi warna warni dan ubin keramik bermotif cantik, bisa kamu temukan di Cafe Basilia. Suasana di sana sangat cocok bagi kamu yang hobi berfoto untuk diunggah ke Instagram.

5. Desain Kafe Moya

Café Moya menganut suasana tropis, yakni dengan memadukan warna biru dan putih yang memberikan kesan pantai yang sangat kuat. Selain itu dinding dengan gambar burung merak berukuran besar bisa kamu jadikan sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

6. Desain Kafe Kokolait Chocolate

Desain kafe Kokolait Chocolate tidak hanya memberikan tampilan yang sangat instagramable saja. Desain skandinavia yang mereka aplikasikan juga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi kamu yang ingin menikmati secangkir cokelat.

7. Desain Kafe 90’s Flazback

Kalau kafe yang satu ini sepertinya memang didesain khusus sebagai tempat yang instagrammable. Lihat saja beberapa sudut kursi dan meja memiliki warna yang berbeda seolah-oleh terkena pancaran lampu dari sisi atas.

8. Desain Cafe Warbox Container

Terakhir, kamu bisa coba mengunjungi Warbox Container yang terletak di daerah Bogor. Desainnya terlihat sangat instagrammable karena memanfaatkan kontainer-kontainer kosong untuk dijadikan sebuah kafe yang sangat kekinian.

9. Menulis pilihan menu di papan tulis dengan kapur tak pernah basi. Apalagi dipadukan dengan desain meja kursi yang luar biasa seperti ini

Penulisan menu di papan tulis dengan kapur memberikan banyak kemudahan salah satunya kamu bisa meng-update menu yang ada di cafe-mu dengan mudah. Kesannya juga lebih klasik tanpa menghilangkan kesan elegan. Model kursinya juga keren banget kan guys?

10. Dinding batu bata selalu keren, apalagi jika kamu menghiasinya dengan hiasan-hiasan unik.

Manfaatkan drum-drum bekas yang sudah dicat ulang sesuai dengan desain cafe yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakannya sebagai tempat sampah atau wadah apapun.

11. Wallpaper-nya unik, lampunya unik, kursi dan dindingnya juga unik, ini sih sip banget!

Wallpaper memang punya kekuatan yang luar biasa untuk memberikan kesan yang berbeda. Gambar-gambar orang di wallpaper ini bisa menemanimu kalau kamu sedang datang sendirian. Atau kamu memang selalu sendirian dan tak punya pasangan Demikian artikel yang dapat kami buat semoga konsep café yang di padukan dengan toko, semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda.        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *